Biografi Ibn Khaldun (1332-1406)

Biografi Ibn Khaldun Ibn Khaldun
Biografi Ibn Khaldun Ibn Khaldun
Biografi Ibn Khaldun Ibn Khaldun - Ibn Khaldun merupakan salah satu tokoh filsuf muslim yang mempunyai pengaruh besar bagi peradaban dunia. Ia bisa di bilang sebagai bapak sosiolog dalam peradaban keilmuan. Kemahirannya dalam menguraikan dan memahami sejarah telah menjadikan Ibn Khaldun sebagai filsuf besar dunia muslim.

Biografi Ibn Khaldun

Ibn Khaldun  lahir di Tunisia tahun 1332, anggota keluarga bangsawan dan ilmuwan yang pindah dari Sevilla, Spanyol satu abad sebelumnya. Ia menerima pendidikan Muslim yang baik, tetapi ketika kedua orang-tua dan banyak guru mati karena wabah Kematian hitam, ia meninggalkan Tunisia dan mendapat jabatan pemerintahan di Maroko. Tahun 1382 ia pindah ke Mesir dan menjadi guru besar dan hakim aliran Maliki di Kairo.  Ia meninggal dunia di Kairo tahun 1406. Ibn Khaldun anggota penting dalam masyarakat Islam sezamannya. Islam hadir dalam karya tulisannya, khususnya dalam karya utama: alMuqaddimah (Pendahuluan pada sejarah dunia). Ia menggambarkan masyarakat dan kebudayaan Islam itu dengan singkat dan jelas. Demikian pula perkembangan sejarah ilmiah mengenai al-Quran, tradisi (hadith) dan hukum syariah dianalisa dengan tepat, jelas dan singkat.

Baginya sangat penting arti sosial dan keagamaan dari Islam bersama bagian-bagiannya dan kelompok-kelompok di dalamnya, khususnya para sufi. Ia mendukung hidup sufi dalam bentuk-bentuknya yang sehari-hari, tetapi menolak bentuk-bentuk mistik, adikodrati dan aneh-aneh. Biarpun demikian, ia tetap memperhatikan bagaimana kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh manifestasi keagamaan. Di mana terdapat kekuatan rohani dan keagamaan, di situ harus dipakai akal-budi untuk melihatnya dan mengerti pengaruhnya kepada dunia, tempat kita hidup.

Ibn Khaldun pernah disebut ahli sosiologi pertama, karena berusaha menerangkan aliran sejarah berdasarkan tindakan kelompok-kelompok di dalamnya yang mengikuti pola yang berlaku umum. Kebudayaan tergantung dari padatnya penduduk dan manusia senantiasa merasa diri perlu bersatu dan menjadi anggota kelompok yang diarahkan oleh satu atau lebih banyak tokoh pemimpin. Unsur-unsur ekonomi juga dapat dikuasai oleh manusia, asal ada kebijaksanaan dan kehendak untuk membuatnya. Masyarakat tersusun berdasarkan unsur-unsur akal-budi, jumlah dan semangat. Biar tidak ada cara membuktikan kenabian berdasarkan logika, namun tetap ada manusia yang terpilih menyampaikan pesan ilahi, dengan Muhammad sebagai yang paling penting dan terakhir.

Pengaruh unsur ilahi tetap hadir melalui mukjizat yang sekali-sekali terjadi, namun karena luar-biasa, jangan diperhitungkan dalam mempelajari masyarakat manusia dan pola yang mengaturnya. Ia tidak merasa perlu membicarakan hidup sesudah kematian, hal yang dipercayainya. Ibn Khaldun seorang Muslim biasa, yang menerima agamanya sebagaimana adanya dan menjalankan kewajibannya dengan baik. Ia khusus dikenal karena cara melihat dan menilai sejarah dan berusaha melihat peraturan dan kuasa yang menentukan jalannya sejarah.

0 Response to "Biografi Ibn Khaldun (1332-1406)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel