Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern

Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern
Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern
Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern - Filsafat sosial menjadi bagian terpenting dalam membangun sebuah kontruksi sosial agar bisa memahami state of the art dalam sebuah discursus. Karena bagaimanapun juga, filsafat sosial telah memberikan kontribusi besar bagi manusia dalam mengkontruksikan pola hidup, adat, budaya dan politik.

Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern

Peranan filsafat sosial dalam mengembangkan ilmu-ilmu sosial di harapkan mampu menjawab berbagai tantangan problematika kehidupan manusia. Meskipun sampai sekarang perdebatan tentang arah dan pemikiran filsafat sosial antara satu tokoh dengan lainnya tidak sedikit bertentangan. Namun sisi positif dari pertentangan tersebut semakin mendorong dan menciptakan cabang-cabang filsafat sosial. Cabang-cabang yang bermunculan semakin mengokohkan peranan filsafat sosial dalam bersaing dengan cabang keilmuan lain. Sebagai pondasi fundamental dalam menyelesaikan problematika kehidupan, filsafat sosial di harapkan bisa menjawab berbagai tantangan hidup agar bisa memanusiakan manusia. 

Perkembangan Filsafat Sosial 

Filsafat sosial dalam menghadapi abad milenium di tuntut untuk memberikan kontribusinya lebih besar dalam menghadapai pola kehidupan suatu masyarakat. Sebagai salah satu cabang dalam filsafat yang fokus terhadap permasalahan sosial, diharapkan mampu menjawab berbagai permasalahan yang muncul. Semenjak kemunculannya di yunani, filsafat sosial terus tanpa henti berkembang membangun sebuah konsepsi kemanusiaan. Socrates, Plato dan Aristoteles menjadi sumber kekuatan filsafat sosial yang berkembang pada masa tersebut. Sebagai murid dan guru, masing-masing mempunyai pendapat yang berbeda dalam menyikapi kondisi sosial dalam masyarakat. Mereka punya dasar dan pertimbangan masing-masing dalam menjawab realitas kehidupan manusia.

Kemunculan filsafat sosial telah mengubah paradigma dan keyakinan dalam sebuah masyarakat. Sedidkit demi sedikit filsafat sosial mulai masuk dan mendobrak ranah kepercayaan religius dalam sebuah masyarakat. Yang mana pada awalnya konsep kepercayaan dan keyakinan hanya bisa di hinggapi dan di kupas dalam filsafat alam sebagai jembatan manusia dalam memahami dimensi keTuhanan. Mereka menganggap semua yang terjadi dalam sebuah kehidupan sudan menjadi kehendak atau ketentuan yang sudah ditetapkan. Posisi filsafat alam menjadi salah satu metode central dalam menjembatani hubungan antara manusia dan Tuhan. Ketika mereka ingin memahami tentang keberadaan Tuhan dan manusia, mereka akan memakai jalur filsafat alam untuk menerangkannya. Sehingga pada masa awal kemunculan filsafat kuno Yunani jangan heran ketika di dominasi oleh filsafat alam.

Pengertian Filsafat Sosial

Filsafat sosial adalah cabang ilmu filsafat yang membahas tentang hubungan manusia dengan manusia yang di terapkan dalam sistem society  ketatanegaraan. Filsafat sosial sedikit-demi sedikit mulai mendobrak totem and tabu yang selama berabad-abad di jadikan pegangan ilmu pengetahuan. Mulai berkontribusi dalam menghapus tahayul yang telah menjadi mindset pemikiran masyarakat. Berbeda dengan keilmuan lain, filsafat sosial tidak menitik beratkan pada kebenaran ilmiah, tetapi berdasarkan prilaku manusia. Sebagaimana manusia yang memiliki keunikan tersendiri sehingga patokannya bukan ilmiah, tetapi fakta sosial yang terjadi dalam sebuah masyarakat. Fakta sosial tersebut dalam perjalanannya tidak pernah konstan dan selalu berubah karena berbagai faktor yang mempengaruhi pola pikir kehidupan manusia. Meskipun tidak dapat di pungkiri dalam filsafat sosial tetap menerapkan disiplin ilmu sebagai batasan yang membedakan dengan cabang filsafat lain. 

Meskipun pada awalnya selalu di tolak karena tidak di anggap ilmiah oleh beberapa ahli. Pendekatan struktural, subjektif, objektif maupun inter-subjektif yang dulu di tolak karena di anggap tidak bisa di buktikan secara ilmiah seperti filsafat alam. Namun kontribusi filsafat sosial yang besar bagi kehidupan manusia telah merubah penolakan tersebut. Perkembangan zaman telah mengajarkan filsafat sosial bagaimana perilaku manusia bisa di jadikan sebagai patokan ilmu pengetahuan. Metode filsafat sosial semakin berkembang melalui pendekatan lintas disiplin ilmu maupun inter disiplin ilmu, bahkan metode kulitatif dan kuantatif telah di sinergikan dengan prilaku manusia sebagai studi keilmuan yang ilmiah.

Cabang Filsafat Sosial

Karakteristik manusia yang sangat unik dan tidak bisa di pastikan membawa filsafat sosial terbagi dalam berbagai cabang. Cabang tersebut mencoba mewakili filsafat sosial dalam mengungkapkan karakteristik kegiatan manusia. di bawah ini ada beberapa cabang ilmu sosial secara garis besar:

  • Ilmu Antropologi adalah ilmu yang mempelajari masa lalu dan masa kini manusia melalui ilmu sosial dan alam. Tujuan dari antropologi sendiri adalah untuk memahami polo pikir manusia sebagai mahluk homo sapiens. Sejarah umat manusia menjadi salah stu pijakan pondasi antropologi untuk memahami karakter kehidupan manusia. Melalui lintas budaya dalam sebuah sejarah, antropologi berusaha menjelaskan bagaimana prilaku manusia dalam membentuk budaya, penggunaan bahasa dan cara pandang hidup manusia.
  • Ilmu Akuntansi adalah seni keilmuan dalam mengukur, menjabarkan mengenai kepastian informasi dalam memuat alokasi sumber daya dalam sebuah organisasi, perusahaan dan lembaga pemerintah. Tujuan dari akutansi adalah membantu para manager dan pembuat otoritas kebijakan dalam dalam menyiapkan laporan keuangan yang pasti dan akurat. Sehingga ketika dalam membuat sebuah keputusan, mereka tidak terhambat dan terkendala akan biaya yang di keluarkan. Karena semua data keperluan semua tercatat dalam sebuah laporan. Selain itu juga mereka akan menjadikan laporan tersebut sebagai bahan evaluasi pakah hasilnya menguntungkan atau malah merugiakan.
  • Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala aktivitas manusia yang berhubungan dengan konsumsi, distribusi dan produksi suatu barang atau jasa. Prinsip dari ekonomoni atau yang lebih kita kenal dengan hukum ekonomi adalah mengolah dengan pengeluaran sekecil-kecilnya dan mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Tujuan dari ekonomi sendiri lebih kepada sisi positif penghasilan, dimana bisa menghasil profit yang besar.
  • Ilmu Geografi adalah ilmu tentang bumi yang mempelajari fenomena lokasi secara fisik yang di tempati oleh manusia. Geografi bukan hanya semata membahas tentang kartografi atau studi peta belaka. Tetapi memcoba memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada manusia kenapa pada suatu wilayah tidak sama dengan wilayah lainnya. Faktor apa yang menjadi penyebab, apakah manusia, kondisi alam atau ada faktor lain di belakan perbedaan tersebut. Pendekatan yang dilakukan oleh ilmu geografi diataranya menggunakan pendekatan spasial, ekologi dan regional.
  • Ilmu Hukum adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari sistem aturan yang telah di sepakati dan di lembagan dalam sistem kekuasaan. Hukum menjadi panglima dalam suatu negara. Tidak pandang bulu terhadap status sosial, ekonomi, politik, ras, agama dan status lainnya. Dalam pandangan hukum, semua masyarakat adalah sama kedudukannya, sehingga siapapun mendapat perlindungan dan hak yang sama. Meskipun dalam realitas sosial masih banyak tumpang tindih dan tidak sesui dengan prinsip-prinsip dasar keadilan. Dimana patokan keadilan sendiri kadang dan tidak sedikit bukan berbicara benar atatu salah, tetapi berbicara tentang fakta bukti-bukti yang ada. Tujuan dari di bentuknya hukum sendiri agar masyarakat bisa hidup terarur dengan ketentuan-ketentuan yang telah di tetapkan. dimana jika ada yang melanggar akan mendapatkan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang mereka lakukan. Meskipun masih banyak kekurangan dalam penerapannya, bagi aristoteles supremasi hukuum akan jauh lebih baik di bandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela. Tapi bagaimanapun juga, peraturan tirani merupakan hukum itu sendiri yang telah di sepakati dalam sebuah negara atau kerajaan. Tidak heran jika ada ungkapan bahwa semakin modern suatu bangsa, semakin modern penjajahan atau penghisapan kepada masyarakat, salah satunya melalui undang-undang ataupun hukum yang berlaku di negara tersebut.
  • Ilmu Linguistik adalah cabang keilmuan yang mempelajari aspek kognitif dan sosial melalui bahasa. Bahasa menjadi salah satu hal penting dalam peradaban manusia. Melalui bahas sebagai alat komunikasi, peradaban manusia terus berkembang. Selain itu semakn memudahkan manusia dalam berkomunikasi dalam berbagi ilmu dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Bahkan bahas merupakan salah satu alat bagi manusia ketika berhubungan dengan Tuhan. Ada tiga hal yang menjadi aspek kajian linguistik di antaranya meliputi makna bahasa, bahasa dalam konteks dan bentuk bahasa.
  • Ilmu Pendidikan adalah ilmu tentang tata cara pembelajaran, pembentukan karakter dan moral suatu anak didik yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Pendidikan merupakan salah satu faktor bagi suatu masyarakat dalam meningkatkan peradabannya. Tujuan dari pendidikan sendiri bukan hanya mengarahkan agar anak didiknya supaya pintar. Tetapi juga mendidik mereka agar mempunyai karakter yang kuat dan moral yang baik. Sehingga ketika mereka pintar, mereka tidak menjadikan kepintaran tersebut dapat merugikan orang lain. Pendidikan bukan hanya di artikan secara formal, dimana mereka belajar bersama-sama sehingga mendapatkan label dari sebuah sekolah tempat mereka belajar. Pendidikan sebenarnya sudah di lakukan oleh setiap manusia ketika dia lahir ke dunia. Dari mulai bayi sebenarnya kita sudah mendapatkan pendidikan dari orang tua dan kelurga serta masyarakat. Pendidikan sendiri tidak akan berhenti sampai seseorang itu meninggal dunia. Pendidikan secara umum di bagi menjadi dua bagian yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-forman. Pendidikan formal adalah pendidikan yang di dapatkan seorang anak melalui hal-hal formal dan terlembaga seperti sekolah. Sedang pendidikan non-formal adalah pendidikan di luar kegiatan terlembaga seperti pendidikan orang tua, keluarga dan masyarakat sekitar. Karena guru yang paling berharga adalah pengalaman.
  • Ilmu Politik adalah proses suksesi dari suatu lembaga ketatanegaraan dalam mengatur sistem kekuasan baik itu di dapatkan melalui konstitusi maupun inkonstitusional. Dalam sebuah negara di pastikan ada sistem politik yang berkembang dalam mengatur setiap kebijakan sebuah negara. Banyak orang melihat politik itu kejam, tetapi banyak juga yang memandang politik adalah salah satu jalan untuk menciptakan negara yang damai, makmur dan sejahtera bagi masyarakatnya. Dalam dunia politik tidak ada sebenarnya yang namanya inkonstitusinal. Karena kata inkonstitusional itu ada karena mereka gagal dalam merebut kekuasaan sehingga mereka di cap sebagai pengkhianat maupun pemberontak. Sejarah telah membuktikan bagaimana banyaknya sebuah kepala pemerintahan sebuah negara di kuasai dari hasil pemberontakan maupun penjajahan. Tujuan dari politik itu sendiri sebenarnya menciptakan keteraturan dalam sebuh negara sehingga di dapatkan good government. Terciptanya sebuah masyarakat yang sejahtera, damai, makmur dan sentosa.
  • Ilmu Psikologi adalah cabang ilmu terapan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Psikologi bukan hanya mempelajari perilaku secara individual, tetapi juga mempelajari perilaku manusia secara berkelompok. Untuk dapat memahami perilaku manusia ada beberapa hal yang di terapkan dalam ilmu psikologi diantaranya menggunakan metodelogi eksperimental, observasi ilmiah, sejarah kehidupan yang bersangkutan dan metodelogi wawancara. Empat metode tersebut menjadi jalan bagaimana ilmu psikologi dapat memahami perilaku manusia. Tujuan dari ilmu psikologi adalah mampu menjelaskan apa, bagamana dan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Selain itu juga bisa memprediksi apa, bagaimana dan kenapa hal tersebut agar tidak terjadi dan bahkan untuk mengendalikan pola pikir dan tindakan kita agar lebih baik.
  • Ilmu Sejarah adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang masa lalu yang berkaitan sekali hubungannya dengan manusia. Brbicara sejarah tidak akan lepas dari masa lalu yang sudah terjadi. Melalui sejarah kita bisa mempelajari bagaimana kehidupan masa lalu manusia dengan tujuan agar kita bisa lebih baik lagi kedepan. Dalam ilmu sejarah di kenal ada beberapa klasifikasi agar kita dapat dengan mudah mempelajari sejarah. Kalsifikasi sejarah tersebut diantaranya berdasarkan kronologis, geografis, nasional, etnis dan pokok bahasan atau topikal. Kenapa sejarah selalu di kaitkan dengan masa lalu bukan masa depan padahal jika di lihat dari arti kata sejarah yang berarti penyelidikan atau penelitian yang berkaitan dengan manusia. Sebagai manusia yang beragama kita pasti mengenal akan kehidupan setelah masa kita sekarang dan itu pasti terjadi pada setiap manusia. Karena sampai sekarang belum ada yang bisa menemukan metode untuk menolak kematian. Silakan para pembaca tanyakan hal tersebut ke guru sejarah masing-masing kawan.
  • Ilmu Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi mempelajari tentang perilaku sosial kehidupan masyarakat. Bagaimana masyarakat hidup berdampingan, saling menjaga ataupun kondisi masyarakat yang selalu mencintai peperangan atau keributan. Objek sosiologi di antaranya objek formal, material, budaya dan agama. Keempat objek inilah yang akan di soroti dalam ilmu sosiologi dalam mengungkapkan hubungan masyarakat yang di telitinya. Tujuan dari sosiologi adalah untuk membangun suatu masyarakat modern yang jauh dari ketimpangan sosial, keributan dan hal-hal negatif yang di akibatkan dari perilaku manusia yang menyimpang.
Diatas meerupakan sedikit dari sekian banyak cabang filsafat sosial yang berkembang pada masa sekarang. Sebenarnya masih banyak lagi cabang-cabang filsafat sosial yang belum sempat penulis masukan. Mungkin lain kali akan di tulis oleh penulis. Sekian dulu yang bisa penulis sampaikan mengenai Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern. Semoga dapat memberi wacana dan ide-ide baru yang bisa menjadi spirit dalam mendalami filsafat sosial, Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Dan Cabang Filsafat Sosial Dalam Dunia Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel