Biografi Imam Al-Ghazali

Biografi Imam Al-Ghazali
Biografi Imam Al-Ghazali
Biografi Imam Al-Ghazali Al-Ghazali seorang yang ikut-serta membentuk pikiran filsafat dan teologi Islam bukan hanya di zamannya, tetapi sampai hari ini. Dalam bukunya Al-Munqi Min al-Dhalal  (Pembebas dari kekeliruan) diberi ringkasan aliran teologi dan filsafat pada zamannya. Dalam buku Maqid al-falsifa  (Maksud para filsuf) diterangkannya ajaran para filsuf Islam dan dalam Tahafut al-falsifa  (Kekeliruan para filsuf) diuraikannya pendapatnya sendiri.

Biografi Imam Al-Ghazali

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i lahir di lahir di Thus, di provinsi Kurasan Persia di bagian timur laut Iran, pada tahun 1058 dan meninggal dunia di kampung yang sama tahun 1111. Ia yatim-piatu sejak masa muda, mengikuti pendidikan dasar di s, kemudian beberapa waktu di ur n, sebentar kembali ke s, lalu meneruskan pendidikan di Nay b r, di bawah bimbingan al- uwayn Imam al- aramayn. Sesudah gurunya meninggal dunia tahun 1085, al-Ghazali pindah ke al-Muaskar, perkemahan atau pusat kuasa vizir termasyhur Ni m al-Mulk (1018-1092). Tahun 1091 ia disuruh mengajar di Baghdad pada sekolah al-Ni m y , yang didirikan oleh vizir itu tahun 1067.

Al-Ghazali mengajar di Baghdad selama empat tahun dengan hasil gemilang. Mahasiswanya lebih dari 300 orang. Ia memperdalam ilmu pada pelbagai cara dan menulis sejumlah buku. Suatu krisis rohani mendalam, bersama dengan sejenis penyakit saraf, membuat ia mengambil keputusan meninggalkan segalanya untuk mencari keyakinan keagamaan lebih mendalam dengan mengikuti jalan para sufi. Dengan dalih naik haji ke Mekah ia meninggalkan universitas tahun 1095 dan pergi ke Suriah, ke Damsyik, di mana ia hidup sebagai seorang sufi miskin, berdoa dan mengasingkan diri.

Mungkin di tahun 1097 ia naik haji ke Mekah dan Medina, lewat Jerusalem dan Hebron. Ia tinggal kira-kira dua tahun di Suriah dan kemudian, sekitar tahun 1099-1100 kembali ke s di mana ia meneruskan hidupnya sebagai sufi. Sesudah menyendiri demikian selama sebelas tahun, pada tahun 1106 ia kembali mengajar pada sekolah al-Nizamiah di Nisaypur. Empat tahun kemudian, tahun 1109, ia kembali ke kampung kelahirannya, di mana ia mengantar murid-muridnya kepada teori dan pratek hidup sufi. Ia wafat tanggal 18 Desember 1111.

Dalam hidup al-Ghazali dapat dibedakan lima masa. Masa pertama pendidikan dan persiapan pengajaran, berakhir ketika gurunya, Im m al- aramayn meninggal dunia. Pada segenap masa ini ia dididik dalam ilmu-ilmu keagamaan, khususnya dalam hukum fiqkh, dan mempunyai kontak pertama dengan dunia sufi dan aliran-aliran keagamaan Islam lain. Masa kedua berciri kegiatan akademis mendalam, pertama pada Ni m al-Mulk dan kemudian di Baghdad. Awal masa ini ditandai oleh krisis skeptis mendasar yang berlangsung kira-kira dua bulan. Ia berhasil mengatasi krisis ini dan mendapat keyakinan budi baru akan pastinya prinsip-prinsip pertama pikiran manusia. Ia lalu terjun dalam pengajaran kepada mahasiswa-mahasiswanya dan dalam studi pribadi tentang aneka ragam pokok, khususnya filsafat.

Masa kedua ini berakhir dengan suatu krisis rohani mendalam yang membawa kepada keputusan meninggalkan jabatan dan masa depan yang gilang-gemilang dengan segala kehormatan dan kekayaan. Ia meninggalkan pengajaran dan membaktikan diri kepada pendalaman rohani mengikuti jalan sufi. Masa ketiga ialah pendalaman rohani, yang ditandai oleh hidup rohani mendalam sufi, karena yakin bahwa ilmu rohani sejati tidak mungkin dipelajari dari buku, tetapi hanya melalui pengalaman pribadi. Keyakinan keagamaan akhir tidak berdasarkan bukti-bukti ilmiah, tetapi pada pengalaman rohani, berupa hasil hidup doa dan kebaktian yang diteguhkan oleh pendalaman teologis dan ilmiah.

Masa keempat bertujuan menguatkan iman orang lain, melalui pengajaran, buku-buku dan bimbingan rohani. Ia merasa diri dipanggil menjadi pembaharu yang dijanjikan pada awal setiap abad Islam dan menyampaikan ilmu yang mengajarkan pelepasan dari keangkuhan dan turun pada derajat keangkuhan. Masa kelima berupa penarikan diri di suatu asrama kecil di kampung kelahirannya, di mana ia mengikuti hidup bakti sufi, dengan mengantar calon-calon pada hidup sufi dan memberi pelajaran bimbingan rohani.

Al-Ghazali menulis banyak tentang aneka ragam pokok filsafat, teologi dan mistik . Tetapi, karena ia seorang masyhur, terdapat banyak karangan dengan namanya, biarpun tidak ditulis olehnya. Terdapat sekitar 400 buku yang katanya ditulis olehnya, tetapi hanya sekitar 65 dianggap asli ditulis olehnya. Malah ada yang membatasi jumlah itu lagi kepada 21 karangan otentik yang ditulis oleh al-Ghazali sendiri.

Karangan utamanya, Kitab Ihya Ulumuddin (Menghidupan kembali Ilmu keagamaan), ditulis antara tahun 1096 dan 1102. Buku ini terdiri atas empat julid, masing-masing dari sepuluh bab. Jilid pertama, Ibadat, berbicara tentang pengetahuan dan syarat-syarat iman: kesucian, salat, zakat, naik haji, membaca al-Quran dlsb. Jildi kedua, Adat, terutama membahas orang dan masyarakat: makanan halal dan haram, perkawinan, kerja, persahabatan, dst. Jilid ketiga, jalan kebinasaan (muhlik t), berbicara tentang kejahatan dan bagaimana mengatasinya: cacat lidah, benci, keangkuhan, dst. Jilid keempat, jalan keselamatan, membahas kebajikan dan karya kebajikan: pertobatan, kesabaran, cinta-kasih, renungan, dst.

Al-Ghazali termasyhur dan amat berpengaruh bagi umat Islam sampai hari ini, khususnya karena ia berhasil memperdamaikan jalan mistik Islam, tariqah sufi  dengan penghayatan umat Islam saleh sesuai dengan hukum Allah, syariah. Ia menerangkan bagaimana pertama diperlukan kesucian hati seluruhnya dari apa yang bukan Allah Mahatinggi. Kuncinya ialah sembah-sujud dalam kebaktian dan doa, menyelamkan hati seluruhnya dalam mengingat Allah sampai akhirnya sepenuhnya teresap dalam Allah. Bagian pertama jalan ini masih tergantung dari pilihan dan tanggung-jawab pribadi, namun hanya berupa tahap awal, kamar tunggu bagi mereka yang mengikuti jalan sufi.

Pada tahap pertama ini mulai ada penglihatan dan penerangan. Orangnya dengan sadar melihat malaikat dan roh para nabi, mendengar suara dan diajarkan olehnya. Kemudian tercapai suatu tingkat lebih tinggi. Daripada melihat bentuk dan gambar, orang sampai kepada perhentian di jalan yang sulit diungkapkan dalam bahasa. Bila dicoba mengungkapkan pengalamannya, perkataan jelas memuat hal yang tidak tepat. Orang dekat dengan Allah. Beberapa orang melihat ini sebagai tenggelam dalam Allah, yang lain sebagai kesatuan dengan Allah, yang lain sebagai hubungan dengan Allah. Semuanya itu kurang tepat, tetapi apa yang terjadi, terjadi, pengalaman itu baik, tetapi jangan minta itu digambarkan.

Orang yang tidak mengalaminya, paling-paling mengenal nama dan bungkusnya. Sedangkan pengalaman itu awal karunia kenabian dan hanya dapat dirasakan sepenuhnya melalui pengalaman langsung. Orang lain sampai kepada kesimpulan bahwa pengalaman mistik itu mungkin dan pasti ada, tetapi yang mereka peroleh ialah pengetahuan (ilmu), sedangkan kebenarannya ialah pengecapan (dhawq), rasa nikmatnya, dan pengakuan bahwa pengalaman itu mungkin dan benar, berupa iman. Keyakinan yang diperoleh dengan akal-budi berupa keyakinan iman berdasarkan pengertian. Pengalaman langsung sebaliknya sangat berbeda dari iman itu, karena mengandaikan kita bukan hanya mendengar tentangnya, tetapi benar menyentuh dan mengalaminya.

Hal ini hanya mungkin tercapai pada jalan mistik, pada tariqah sufi. Melalui jalan sufi ini al-Ghazali sampai kepada aneka ragam keyakinan . Ia melihat bahwa manusia terdiri atas badan dan hati, yakni hakikat sejati jiwa, tempat pengenalan akan Allah. Hati ini mungkin sehat, mungkin juga sakit, sama seperti badan. Bila hati atau jiwa itu sakit, perlu diobati melalui ibadat, sesuai dengan petunjuk nabi yang mengerti manfaatnya dalam terang kenabian. Akal-budi menolong untuk mencapai keyakinan akan keahlian nabi dan memberi alasan secukupnya untuk mengikuti petunjuknya. Selanjutnya peranan akal budi terbatas pada usaha untuk mengerti apa yang dikatakan oleh nabi. Inilah usaha al-Ghazali selama kesepuluh tahun ia menarik diri dan mengikuti jalan sufi.

0 Response to "Biografi Imam Al-Ghazali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel